Senin, 30 Desember 2013

 

Menjaga Kerukunan Kakak dan Adik


Kerukunan dalam sebuah keluarga sangatlah penting untuk dapat menikmati moment-moment di mana seluruh anggota keluarga dapat berkumpul dan menikmati family time bersama. Pertengkaran antara saudara merupakan hal yang sering terjadi apalagi jika anak-anak Anda lebih sering bermain di dalam rumah. Jika dilihat dari sudut pandang positif, pertengkaran antara saudara ini dapat digunakan sebagai latihan bagi anak-anak Anda untuk menangani konflik dan juga mengasah kemampuan Anda dalam mendidik mereka. Tapi perlu Anda ingat bahwa pertengkaran ini tidak boleh berlarut-larut dan anak-anak Anda sebaiknya cepat berbaikan.
Dalam mengatasi pertengkaran antara saudara, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai orang tua, antara lain:

  1. Semua keluarga memiliki peraturan di dalam rumah sendiri-sendiri, baik itu tertulis maupun tidak. Anda bisa mencoba untuk membuat beberapa peraturan tertulis untuk ditaati oleh anak-anak Anda, seperti membereskan mainan setelah bermain, tidak menyisakan makanan dan lain-lain. Jangan lupa untuk memasukkan peraturan tidak berkelahi antara saudara dalam peraturan itu. Dengan dibuatnya peraturan ini, Anda dapat sedikit meminimalisir pertengkaran yang mungkin terjadi.
  2. Jika ada anak Anda yang melanggar peraturan yang sudah dibuat tersebut, jangan langsung menghakiminya. Dengarkan alasannya lalu tentukanlah hukuman yang baik untuknya. Anda harus selalu mengingat bahwa anak-anak apalagi kakak beradik biasanya memiliki rasa iri jika mereka merasa tidak diperlakukan sama, oleh karena itu Anda harus bersikap adil pada semuanya.
  3. Jika anak-anak Anda bertengkar, segeralah pisahkan mereka. Sama seperti orang dewasa yang perlu waktu untuk menenangkan dirinya, anak-anak pun membutuhkan waktu untuk bisa menurunkan emosinya.
  4. Setelah emosi mereka hilang, Anda dapat mengajak mereka berbicara dan menceritakan permasalahan yang terjadi. Dengarkan keluhan dari semua pihak tapi janganlah menghakimi mereka. Ajak mereka untuk memikirkan jalan keluar dari pertengkaran tersebut. Jika ternyata tidak ada jalan keluar yang disepakati, Anda bisa membantu memberikan solusi untuk mereka.
  5. Menjadi orang tua yang memiliki anak lebih dari satu, hal yang sebaiknya dihindari adalah dengan membandingkan mereka. Perlakukan mereka dengan adil dan janganlah membanding-bandingkan mereka. Tiap anak memiliki sifat uniknya masing-masing yang menjadikan mereka begitu berharga untuk Anda.
Jika umur antara anak-anak Anda tidaklah terpaut terlalu jauh, Anda sebaiknya mulai memikirkan cara bagaimana memperlakukan mereka secara setara dan tidak membanding-bandingkan mereka. Dengan memperlakukan mereka secara adil, rasa persaingan yang timbul antara sang kakak dan adik akan berkurang sehingga ke depannya hubungan mereka dapat menjadi semakin dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar